Bunda Bertanya, Happy Menjawab

Makanan untuk Pertumbuhan Rambut dan Gigi Bayi

PinterestLinkedInTumblr

Bunda Bertanya

Dear HaPpy, Asupan gizi apa yg perlu dikonsumsi ibu menyusui ? Untuk membantu pertumbuhan gigi dan rambut si anak… ?

Bunda Arra Valerie, Kendal

 

HaPpy Menjawab

Dear bunda Arra,

Makanan beragam sesuai kebutuhan ibu menyusui insya Allah cukup memenuhi kebutuhan ibu dan anak yang disusui. Pertumbuhan rambut dan Gigi anak sebetulnya dipengaruhi juga oleh genetika ayah bunda. Namun, bunda dapat membantu memaksimalkan asupan agar membantu pertumbuhan rambut dan Gigi anak optimal.

Beberapa zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut anak

1. Vitamin B

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B sangat penting untuk kesehatan Rambut. Vitamin B memegang peranan penting dalam memberikan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke kulit kepala, karena vitamin B membantu pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 dan vitamin B12 dibutuhkan dalam produksi hemoglobin.

Karena vitamin B sangat penting untuk kesehatan. Makan makanan yang bervariasi setiap hari adalah penting untuk mendapatkan cukup vitamin B kompleks . Seperti biji-bijian utuh, daging, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran berdaun hijau tua, pisang, kentang, dan lain sebagainya.
2. Makanan Tinggi Protein
Rambut terbuat dari protein dan tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar rambut menjadi sehat dan kuat.
Pilih sumber protein yang baik agar tubuh dapat menyerap dengan efektif. Pilih sumber protein yang mengandung omega 3 seperti ikan kembung, salmon, tuna, makarel, teri, tongkol, tawes. Omega 3 dan Omega 6 baik dikonsumsi bersama protein untuk membantu pertumbuhan rambut sehat, sebagaimana diseperti ditulis oleh University of Maryland Medical Center. Selain itu, kacang-kacangan, telur, dan produk susu juga merupakan sumber protein yang baik.
3. Vitamin A

Vitamin A, selain baik untuk kesehatan mata, juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan rambut.Vitamin A, seperti dijelaskan oleh Linus Pauling Institute di Oregon State University, memiliki fungsi penting dalam membantu dalam proses produksi sel darah merah dan membantu tubuh dalam memanfaatkan protein.Vitamin A juga membantu dalam produksi dan pengaturan hormon yang memengaruhi pertumbuhan rambut, di antara banyak fungsi penting lainnya. Sumber vitamin A terdapat dalam aneka buah dan sayuran berwarna oranye tau kuning pekat, seperti ubi jalar, labu kuning, pepaya, wortel, mangga.Sumber lain termasuk mentega, susu, telur, dan sayuran berdaun hijau tua.

Makanan yang Membantu Pertumbuhan Gigi Bayi

Makanan yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang kuat adalah makanan yang mengandung kalsium. Bunda sebaiknya mulai mengkonsumsi kalsium sejak masa kehamilan karena tulang dan bakal gigi bayi terbentuk sejak masa janin berada dalam kandungan.

Sumber kalsium yang baik untuk ibu hamil dan menyusui antara lain susu murni yang dipasteurisasi, yogurt, aneka ikan kecil (seperti teri, ikan Petek, ikan wader, dsb), keju.

 

Sumber bacaan

https://www.livestrong.com/article/180020-foods-that-grow-your-babys-hair

University of Maryland Medical Center, Complementary Medicine: Vitamin B1University of Maryland Medical Center, Complementary Medicine: Omega 6 Fatty AcidsOregon State University, Linus Pauling Institute, Micronutrient Information Center: Vitamin A

 

 

Founder of our lovely Healthcare Pedia Indonesia. A wife, a mom who loves to learn many things. Having an educational background in health nutrition studies.

Write A Comment

Butuh bantuan? Chat dengan kami