Bunda Bertanya, Happy Menjawab

Bayiku belum BAB 1 pekan, apakah Normal?

PinterestLinkedInTumblr

Bunda Bertanya

Bayi aku 2 bulan pup (BAB, Buang Air Besar) nya ko 1 minggu sekali ya bund? Apakah itu normal? #full Asi

Bunda Euis – Anggota Support Group HaPpy

anakku udah mau 2 bulan tp kok pupnya masih sering ya bun, sehari bisa lebih dr 3 kali

aku nungguin nih kapan ya dedek ga pup sampe maks. 14 hari
hehe

Bunda Depi, depok – Anggota Support Group HaPpy

HaPpy Menjawab

Terima kasih Bunda Euis & Bunda Depi atas pertanyaannya.

Bismillah,

Asalnya bayi ASI bila tidak BAB ada toleransi sampai 14 hari. Jadi, bayi yang makan ASI saja masih normal apabila tidak BAB selama 1 pekan. Hal itu dikarenakan ASI yang didapat diserap & digunakan semua oleh tubuh, sehingga tidak ada ampas yang dibuang. Namun jangan dibalik berarti yang BAB rutin 1 hari 1x atau lebih lalu khawatir ya 😅

Bunda, bisa merutinkan untuk melakukan pijat ILU dan senam gowes (gerakan mengayuh sepeda) secara rutin 2x/hari pada bayi. Insyaallah cukup membantu untuk BAB teratur sesuai pola BAB bayi.

BAB lama sampai 14 hari itu hanya toleransi. Jadi normal kalo BAB 3x sehari asal konsistensinya sesuai (ada ampas), bukan berarti lalu asi tidak terserap sempurna. Selama bab tidak lebih dr 5x/hari bentuk cair dan anak tidak lemes atau rewel, insyaallah tidak mengapa.

Setiap anak itu unik, termasuk dalam pola BABnya, memiliki pola sendiri-sendiri.

Mengenal sedikit tentang BAB Bayi

Newborn menurut WHO adalah bayi baru lahir Р28 hari. Newborn harus BAB setidaknya 1 kali per hari pada awal² kelahiran untuk mengeluarkan mekonium (kotoran yang berwarna hijau tua kehitaman). Bila selama 48 jam ga bab maka ini bermasalah.

Bila kotoran bayi sudah berwarna kekuningan dan kuning (bisa juga kehijauan) maka mekonium sudah keluar semua. Asalnya, Bab newborn setidaknya 3x perhari. Namun, ada toleransi pada bayi yang hanya makan ASI saja selama 14 hari tidak bab.

Jadi, bayi dengan ASI saja tidak dikatakan sembelit bila belum lebih dari 14 hari tidak bab, karena pada kondisi tersebut ASI yang diterima bayi digunakan semua oleh tubuh sehingga tidak ada sisa.

Ada yang berpola BAB 3x perhari sampai 6 bulan dan lambat laun menjadi 2x sehari. Mulai 10 bulanan jadi 1x/hari. Misalnya. Ada pula yang dari 1 pekan sekali. Yang jelas setelah MP-ASI bagus bila BAB 1x/hari dengan toleransi 3 hari.

Semoga membantu

Founder Healthcare Pedia Indonesia. Penulis Jurnal Kehamilan Muslim. Konselor Menyusui, praktek di Bogor (Kunjungan Rumah). Fokus diri untuk berkontribusi dalam edukasi terkait kehamilan, perawatan bayi, dan ibu menyusui.

Write A Comment

Butuh bantuan? Chat dengan kami