Kehamilan & persalinan

Mandiri Menangani Keluhan saat Hamil Trimester Pertama

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kehamilan merupakan saat-saat yang dinantikan oleh pasangan suami istri sebagai tanda bahwa mereka menuju kehidupan baru yaitu sebagai calon ayah dan calon bunda. Namun, tak jarang calon Bunda yang sedang hamil mengalami kecemasan karena berbagai perubahan yang terjadi baik fisik maupun psikologi pada dirinya.

Banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh Bunda yang sedang hamil seperti sering buang air kecil, keputihan, ngidam, dan lain sebagainya.

Bahkan tak jarang tidak dirasakan pada kehamilan pertama namun dijumpai pada kehamilan selanjutnya. Keluhan yang dirasakan Bunda yang sedang hamil tersebut merupakan proses tubuh dalam beradaptasi selama kehamilan, apabila tubuh tidak mampu beradaptasi maka akan menimbulkan suatu masalah.

Keluhan yang dirasakan ibu hamil merupakan proses tubuh dalam beradaptasi selama kehamilan, apabila tubuh tidak mampu beradaptasi maka akan menimbulkan suatu masalah.

Agar Bunda yang sedang hamil dapat beradaptasi terhadap ketidaknyamanan yang dirasakan maka Bunda perlu memahami apa penyebab terjadi keluhan yang dirasakan dan bagaimana cara mencegah atau menanggulanginya.

MUAL MUNTAH

Mual muntah terjadi pada 70-80% wanita hamil. Mual terkadang sampai menjadi muntah yang terjadi pada Bunda yang sedang hamil. Biasanya terjadi pada pagi hari sehingga disebut morning sickness meskipun bisa juga terjadi pada siang atau sore hari. Mual muntah ini lebih sering terjadi pada saat lambung dalam keadaan kosong sehingga lebih sering terjadi pada pagi hari.

Sampai saat ini penyebab secara pasti belum dapat dijelaskan namun ada beberapa pendapat bahwa mual muntah dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

  1. Perubahan hormon pada Bunda yang sedang hamil
  2. Adaptasi psikologis
  3. Faktor emosional
  4. Faktor sistem syaraf
  5. Gula darah rendah karena mungkin tidak makan dalam beberapa jam
  6. Kelebihan asam lambung
  7. Gerakan peristaltik organ pencernaan lambat

Upaya yang dapat Bunda lakukan untuk meringankan atau mencegah mual muntah adalah dengan:

  1. Makan biskuit dan minum segelas air pada pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur
  2. Menghindari makanan pedas dan berbau tajam.
  3. Makan sedikit tapi sering, cara ini dapat mempertahankan kadar gula darah.
  4. Makan 2 jam sekali sedikit-sedikit lebih baik daripada makan tiga kali sehari dalam jumlah banyak.
  5. Minum air saat makan, atau diantara waktu makan agar dapat membantu mempertahankan hidrasi tubuh.
  6. Makan permen atau minum manis (minum jus buah) atau minum susu sebelum tidur atau pada saat bangun tidur agar dapat mencegah hipoglikemi.
  7. Mengurangi diet lemak, diet tinggi lemak misalnya menghindari makanan yang digoreng karena dapat memperparah mual muntah
  8. Bangun dari tempat tidur secara perlahan dan hindari gerakan mendadak.

 

SERING BAK

Bunda yang sedang hamil trimester I banyak mengalami keluhan sering Buang Air Kecil (BAK). Apabila sering BAK ini terjadi pada malam hari akan mengganggu tidur sehingga ibu hamil tidak dapat tidur dengan nyenyak, sebentar – sebentar terbangun karena merasa ingin BAK.

Faktor Penyebabnya adalah karena :

  1. Rahim ibu membesar sehingga menekan kandung kemih.
  2. Pengeluaran mineral dalam tubuh berupa sodium (Natrium) yang meningkat.
  3. Perubahan kerja ginjal sehingga produksi urin meningkat.

Cara meringankan atau mencegah :

  1. Tidak menahan BAK dengan segera mengosongkan kandung kencing pada saat terasa ingin BAK.
  2. Perbanyak minum pada siang hari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  3. Jika BAK pada malam hari tidak mengganggu tidur maka tidak dianjurkan mengurangi minum dimalam hari.
  4. Membatasi minum yang mengandung diuretik seperti teh, kopi, cola dengan caffeine.
  5. Membersihkan dan mengeringkan alat kelamin secara rutin setiap selesai BAK untuk mencegah infeksi saluran kemih.

 

GATAL DAN KAKU PADA JARI

Faktor penyebab :

  1. Penyebab gatal–gatal ini belum diketahui secara pasti, kemungkinan penyebabnya adalah tubuh sensitif terhadap suatu zat yang dalam istilah medis disebut antigen placenta.
  2. Perubahan gaya berat yang disebabkan karena pembesaran rahim membuat berubahnya postur Bunda saat hamil dimana posisi bahu dan kepala lebih kebelakang untuk menyeimbangkan lengkungan punggung dan berat tubuh yang cenderung condong ke depan. Hal ini dapat menekan syaraf di lengan sehingga mengakibatkan rasa gatal dan kaku pada jari.

Cara meringankan/mencegah :

  1. Kompres dingin atau berendam atau dengan shower.
  2. Posisi tubuh yang baik pada saat berdiri, duduk maupun ketika mengambil sesuatu, jangan dengan membungkuk tetapi tulang belakang tetap diusahakan dalam posisi tegak.
  3. Sering berbaring apabila merasa lelah.

 

HIDUNG TERSUMBAT /BERDARAH

Wanita hamil sering mengalami hidung tersumbat seperti gejala pilek sehingga menyebabkan sulit bernapas, ada juga yang mengalami hidung berdarah (mimisan) sehingga sering menimbulkan kekawatiran pada ibu hamil.

Beberapa faktor penyebab hidung tersumbat pada ibu hamil adalah peningkatan kadar hormon estrogen pada kehamilan yang mengakibatkan pembesaran pembuluh darah kecil dalam hidung dan pembengkakan pada lapisan dalam hidung, sehingga menyebabkan hidung tersumbat. Pembesaran pembuluh darah kecil dalam hidung yang ditambah seringnya membuang cairan hidung dapat menyebabkan mimisan/perdarahan hidung.

Untuk meringankan atau mencegah dapat dilakukan dengan meneteskan cairan khusus pada hidung (dengan anjuran tenaga kesehatan), dan tidak boleh lebih dari 3 hari. Dapat juga dilakukan penguapan atau pengembunan udara dingin yang dapat mengurangi sumbatan pada hidung.

 

NGIDAM

Ngidam sering terjadi pada ibu hamil trimester I tetapi bisa juga dialami oleh ibu hamil sampai akhir kehamilan. Ibu hamil sering menginginkan makanan yang aneh, misalnya makanan yang asam, makanan yang pedas, dan sebagainya. Keinginan ibu hamil tersebut merupakan keinginan yang harus dipenuhi, jika tidak dapat dipenuhi, ibu hamil merasa sangat kecewa, terkadang sampai menangis.

FaktorPenyebab :

  1. Mengidam berkaitan dengan persepsi atau anggapan individu Bunda yang hamil tentang sesuatu yang menurutnya bisa mengurangi rasa mual dan muntah. Jadi keinginan ibu hamil yang satu dengan yang lain dapat berbeda – beda.
  2. Pada ibu hamil indra pengecap menjadi lebih tumpul atau kurang perasa sehingga ibu hamil selalu mencari makanan yang merangsang.

Ibu hamil diperbolehkan memenuhi keinginan ngidam tersebut dengan syarat makanan atau minuman yang diinginkan adalah makanan atau minuman yang bergizi dan bukan makanan atau minuman yang tidak sehat.

 

KELELAHAN

Ibu hamil seringkali merasakan cepat lelah sehingga kadang-kadang mengganggu aktifitas sehari–hari. Kelelahan sering terjadi pada ibu hamil trimester I, penyebab yang pasti sampai saat ini belum diketahui. Diduga hal ini berkaitan dengan faktor metabolisme tubuh yang rata-rata menurun pada ibu hamil.

Cara meringankan atau mencegah :

  1. Sangat dianjurkan makan makanan yang seimbang, tidur dan istirahat yang cukup
  2. Dianjurkan melakukan tidur siang
  3. Mengatur aktifitas sehari-hari untuk mendapatkan istirahat ekstra
  4. Dianjurkan melakukan olahraga atau senam secara teratur
  5. Menyediakan waktu untuk istirahat pada saat tubuh membutuhkan
  6. Pada saat duduk posisi dengan kaki diangkat setiap saat ketika ada kesempatan
  7. Hindari istirahat yang berlebihan

 

KEPUTIHAN

Ibu hamil sering mengeluh mengeluarkan lendir dari vagina lebih banyak yang membuat perasaan tidak nyaman karena celana dalam sering basah sehingga harus sering mengganti celana dalam. Kejadian keputihan ini bisa terjadi pada ibu hamil trimester pertama, kedua maupun ketiga.

Penyebab utama adalah meningkatnya kadar hormon estrogen pada ibu hamil trimester I yang menyebabkan produksi lendir di sekitar leher rahim meningkat.

Cara meringankan dan mencegah :

  1. Jaga kebersihan dengan mandi setiap hari.
  2. Bersihan alat kelamin dan keringkan setiap sehabis BAB atau BAK
  3. Membersihkan alat kelamin (cebok) dari arah depan ke belakang.
  4. Ganti celana dalam apabila basah.
  5. Pakai celana dalam yang terbuat dari katun sehingga menyerap keringat dan membuat sirkulasi udara yang baik.
  6. Tidak dianjurkan memakai semprot atau douch.

 

KERINGAT BERLEBIH

Ibu hamil seringkali mengeluh kepanasan, mengeluarkan keringat yang banyak. Keringat yang banyak menyebabkan rasa tidak nyaman, kadang – kadang mengganggu tidur sehingga ibu hamil merasa lelah karena kurang istirahat. Faktor penyebab :

  1. Karena perubahan hormon pada kehamilan sehingga meningkatkan aktifitas kelenjar keringat.
  2. Aktifitas kelenjar minyak meningkat.
  3. Penambahan Berat Badan dan meningkatnya metabolisme pada ibu hamil.

 

Cara meringankan atau mencegah :

  1. Mandi / berendam secara teratur.
  2. Memakai pakaian yang longgar dan tipis, terbuat dari katun supaya menyerap keringat.
  3. Perbanyak minum cairan untuk menjaga cairan tubuh

RASA BERDEBAR

Palpitasi atau rasa berdebar – debar sering dirasakan oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Pada ibu hamil terjadi peningkatan kerja jantung karena jantung mempunyai 50 % darah tambahan yang harus dipompakan melalui pembuluh darah besar setiap menit. Peningkatan kerja jantung ini mencapai puncaknya pada akhir trimester II dan menurun kembali seperti sebelum hamil beberapa minggu sebelum melahirkan.

Faktor yang menjadi penyebab adalah terjadinya peningkatan kerja jantung pada ibu hamil, dan adanya gangguan pada sistem syaraf.

Pada ibu hamil yang tidak mempunyai keluhan jantung, hal ini tidak perlu dikawatirkan karena hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi pada kehamilan dan akan menghilang pada akhir kehamilan.

 

AIR LUDAH BERLEBIHAN

Ibu hamil sering merasakan air ludah keluar lebih banyak dari biasa (ptyalism), hal tersebut terkadang dapat menimbulkan rasa mual sehingga ibu hamil merasa tidak nyaman.

Beberapa faktor yang dapat sebagai penyebab adalah keasaman mulut atau meningkatnya asupan karbohidrat sehingga merangsang kelenjar ludah untuk meningkatkan pengeluaran ludah. Ada kalanya juga disebabkan karena ibu hamil mengurangi makan dengan maksud untuk mengurangi mual, hal ini dapat menyebabkan peningkatan jumlah air ludah di mulut.

Cara meringankan atau mencegah :

  1. Kurangi makan yang banyak mengandung karbohidrat.
  2. Kunyah permen karet atau permen keras.
  3. Jaga kebersihan mulut.

 

SAKIT KEPALA

Ibu hamil sering mengeluh sakit kepala, keluhan ini bisa dirasakan ibu hamil baik trimester I, trimester II maupun trimester III. Faktor yang menjadi penyebab :

  1. Kelelahan atau keletihan
  2. ketegangan otot
  3. Ketegangan pada otot mata
  4. Jumlah cairan tubuh berlebihan
  5. Dinamika cairan syaraf yang berubah

Cara meringankan atau mencegah :

  1. Relaksasi untuk meringankan ketegangan
  2. Memijat perlahan leher dan otot bahu
  3. Tidur cukup pada malam hari dan istirahat cukup pada siang hari
  4. Mandi air hangat
  5. Jangan pergi dalam waktu lama tanpa makan
  6. Penuhi kebutuhan cairan minimal 10 gelas per hari
  7. Hindari hal yang dapat menyebabkan sakit kepala seperti mata tegang, ruangan yang sumpek, asap rokok, atau lingkungan sibuk
  8. Lakukan jalan santai di udara segar
  9. Istirahat pada tempat yang tenang dan rileks
  10. Lakukan latihan pernapasan

 

NODA KEMERAHAN

Noda kemerahan (dalam istilah kesehatan disebut spider nevi) seperti api berpusat dari pusat tubuh dan menjalar ke kaki dapat juga terjadi pada ibu hamil (seperti pada gambar)

Biasanya muncul garis-garis tipis dengan warna kemerahan pada kulit yang terlihat layaknya pembuluh darah yang menonjol. Spider nevu lebih terlihat pada ibu hamil yang mempunyai kulit terang dibandingkan dengana ibu hamil yang berkulit gelap.

Spider nevi ini sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan karena seringkali akan segera menghilang segera setelah ibu mengalami proses persalinan.

Terlihat pada ibu hamil yang mempunyai kulit terang dibandingkan dengana ibu hamil yang berkulit gelap

Sebagai faktor penyebabnya adalah:

  1. Sirkulasi hormon estrogen yang meningkat.
  2. Aliran darah ke kulit meningkat.

 

Demikian beberapa keluhan yang mungkin terjadi pada Bunda yang hamil ya Bunda.

Mari mencegah dan memperingan keluhan dengan cara-cara di atas diimbangi dengan dzikir dan perbanyak baca qur’an agar lebih tenang dan ikhlas dalam menghadapi trimester pertama ini ya Bunda.

Untuk beberapa keluhan lain yang mungkin terjadi pada Bunda saat trimester awal, namun belum dibahas dalam artikel ini dan perlu untuk dibahas, silahkan dituliskna pada kolom komentar ya Bunda.

Insyaa artikel selanjutnya membahas keluhan di Trimester 2&3.

 

Sumber :

Asuhan Kebidanan Kehamilan. 2016. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lee N M and Saha S. 2012. Nausea and Vomitting of Pregnancy. Gastroenterology Clinics of North America. Jun; 40(2): 309–vii. doi: 10.1016/j.gtc.2011.03.009

Samant H, Kothadia JP. Spider Angioma. [Updated 2019 Jan 21]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2019 Jan-.

 

Muslimah, Wife & Midwife, interested in Maternal Child Health

Write A Comment

Butuh bantuan? Chat dengan kami