Kehamilan & persalinan

Senam Yoga saat Hamil

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pertanyaan :

Apakah senam hamil sama dengan yoga hamil? Dan apa hukumnya yoga hamil dalam Islam, karena kalau saya baca-baca yoga itu mengandung unsur agama lain. Jazaakillah khair

 

Jawaban :

Wa anti jazakillahu khayran Bunda.

Masya Allah. Benar Bunda. Berdasarkan fatwa MUI tahun 2009, menghimbau kita, umat Islam untuk tidak memilih kegiatan olahraga yang memperagakan unsur meditasi dan mantra sebagai langkah preventif agar tidak merusak aqidah.

Namun tidak semua senam hamil dengan menggunakan yoga ya Bunda. Senam hamil adalah aktivitas fisik yang terdiri dari beberapa gerakan tubuh yang terencana, terstruktur, dan berulang dan dilakukan untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Senam hamil bermanfaat untuk melancarkan persalinan, meningkatkan asupan oksigen dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya senam hamil akan dibahas pada artikel lain ya Bunda.

Senam Yoga pada masa ini sedang marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dengan banyaknya para publik figur yang mengangkat Senam Yoga ini dalam berita maupun media sosial. Sehingga oleh masyarakat, Senam yoga dipahami hanya sebagai salah satu bentuk olahraga pernapasan yang biasa diajarkan di kelas senam maupun kebugaran.

Namun, menurut MUI ternyata Senam Yoga tidak sesederhana yang dipahami oleh masyarakat selama ini.

Tentang Senam Yoga

Yoga muncul sejak abad sebelum Masehi, jauh sebelum agama Hindu lahir. Yoga pada awalnya tidak terkait dengan agama apapun, tapi dalam perkembangannya banyak pendeta Hindu yang mendalami Yoga yang kemudian melakukan asimilasi Yoga dengan ajaran agama Hindu. Meski demikian, Yoga sendiri tidak seluruhnya dikembangkan atau berkembang dalam bingkai agama Hindu. Dalam arti, ada Yoga yang tidak bercampur dengan ajaran agama.

Setelah berjalan sekian abad, Yoga berkembang ke dalam berbagai aliran, seperti Bhakti Yoga, Hatha Yoga, Vinyasa, Einggar, Bikram, dan lain sebagainya. Dalama aliran-aliran Yoga tersebut ada aliran yang murni bersifat ritual dan spiritual agama Hindu, ada aliran yang mengandung unsur-unsur spiritual agama Hindu dan ada pula aliran yang hanya berbentuk olahraga pernapasan untuk tujuan kesehatan semata.

Menurut Patanjali dalam Somvir, istilah Yoga berasal dari akar sansekerta “yuj” yang artinya ‘menyatukan diri dengan Tuan’.

Sebagian teknik yoga ada yang terindikasi mengandung penyelewengan aqidah karena mengandung unsur-unsur keyakinan/spiritual agama Hindu.

Menurut Kobalen, yoga merupakan sistem ilmu rohani yang dengan cepat bisa meningkatkan perkembangan rohani. Pelaku yoga memperoleh kedekatan hubungan dengan Tuhan sebagai pribadi kosmik tertinggi.

Sudah terbayang bagaimana yoga yang banyak berkaitan dengan agama lain ya Bun

Macam praktik Yoga

Berdasarkan Fatwa MUI ada tiga bentuk praktik yoga yaitu :

  1. Yoga Bhakti, adalah Yoga Ritual yaitu yoga yang murni mengandung ritual dan spiritua agama Hindu. Setiap gerakan yoga bhakti bukan merupakan gerakan/olah fisik semata, melainkan merupakan gerakan simbolik yang melambangkan sejumlah gerakan ritual, yakni hubungan dengan Tuhan. Yoga Bhakti dalam praktiknya hanya dilakukan oleh peserta yang beragama Hindu saja.
  2. Yoga dengan meditasi dan menggunakan mantra-mantra, yaitu yoga sebagai kegiatan olehraga yang disertai dengan meditasi dan membaca mantra-mantra tertentu. Mantra yang dimaksud dalam hal ini adalah ucapan atau bacaan sakral/spiritual yang berasal dari ritual atau spiritual agama tertentu.
  3. Yoga murni olahraga, yaitu yoga yang murni merupakan kegiatan olahraga yang menyeimbangkan body, mind, dan soul yang tidak terkait dengan keyakinan dan ritual agama tertentu. Dalam yoga jenis ini ada terminologi yang menggunakan bahasa Sansekerta tetapi tidak terkait dengan ajaran agama tertentu. Meskipun demikian perlu diwaspadai masuknya unsur-unsur agama lain dalam pengajaran yoga ini.

Ketentuan Hukum

Menurut MUI ketentuan hukum senam Yoga adalah sebagai berikut:

  1. Yoga yang murni ritual dan spiritual, hukum bagi yang melakukannya adalah haram
  2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif
  3. Yoga yang murni olahraga pernapasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh)

Himbauan

Pengurus Jawatan Kuasa Fatwa Majelis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia melarang yoga sistematik yaitu yoga yang menggabungkan gerakan-gerakan fisik dengan unsur-unsur keagamaan, mantera, dan pemujaan untuk tujuan tertentu seperti mendapatkan ketenangan dan puncaknya penyatuan diri dengan Tuhan atau tujuan-tujuan lain yang tidak sesuai dan dapat merusak aqidah seorang muslim.

Rekomendasi dari MUI adalah menghimbau kepada umat Islam untuk

tidak memilih kegiatan olahraga yang memperagakan unsur meditasi dan mantra sebagai langkah preventif agar tidak merusak aqidah.

Jadi sudah jelas ya Bun bagaimana sikap kita yang terbaik pada yoga.

Landasan Hukum

Dalil yang digunakan MUI adalah sebagai berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَلَا تُبْطِلُوْٓا اَعْمَالَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul dan janganlah kamu merusakkan segala amalmu” (QS. Muhammad :33).

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

“Janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya” (QS Al Baqarah :42).

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ

“Hai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu” (QS Al Baqarah: 208).

ا لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يَلْبِسُوْٓا اِيْمَانَهُمْ بِظُلْمٍ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمُ الْاَمْنُ وَهُمْ مُّهْتَدُوْنَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk” (QS Al Anam :82)

مَن تشبَّه بقوم فهو منهم

“Siapa yang meniru satu kaum maka dia bagian dari kaum itu…” (HR. Abu Daud 4033).

Bagaimana Bunda? Semakin mantap bahwa senam yoga tidak boleh kan?

Solusi untuk senam saat hamil

Jadi bagaimana kalau mau olahraga Bun?

Banyak olahraga maupun gerakan senam lain yang bisa Bunda lakukan selain Yoga, contohnya :

  1. Sholat, ini juga dapat dinahad di artikel lain ya Bun. Betapa dahsyatnya gerakan sholat yang Bunda lakukan.
  2. Jalan jalan
  3. Sepeda
  4. Senam aerobik
  5. Angkat beban
  6. Stretching
  7. Olahraga air (misal : berenang)

Kesimpulan

Senam yoga tidak boleh dilakukan ya Bunda, Bunda bisa melakukan banyak olahraga lain saat kehamilan. Menjadi trending topik di jagat sosial media tidak melulu harus kita ikuti ya Bunda. Jadilah Bunda yang smart dengan mencari tahu kebenaran informasi yang Bunda terima dari orang/sumber yang terpercaya dan ahli dalam bidangnya, lebih baik lagi jika memahami agama. Masyaa Allah.

Bukankah kita diciptakan di dunia ini untuk beribadah?

Sebagai tambahan, ini pentingnya kita belajar agama Islam lebih mendalam, terutama masalah tauhid agar tidak menjerumuskan kita pada kesyirikan dan praktik kesehatan yang menyeeupai kaum kafir.

Semangat, jalani tuntunan sesuai Rasulullah dan ilmu medis terkini ya Bunda.

Barakallahufiykunna.

Wallahu a’lam.

Referensi :

  1. American College of Sports Medicine. ACSM’s guidelinesfor exercise testing and prescription. 9th ed. Philadelphia. 2014.
  2. Berghella V, Saccone G. Exercise in Pregnancy! American Journal of Obstetric and Gynecologic 2017(216):335–337.
  3. http://mui.or.id/wp-content/uploads/2018/07/Ijtima%20Ulama%202009.pdf
  4. https://konsultasisyariah.com/26238-hukum-senam-yoga.html
  5. https://www.nahimunkar.org/yoga-haram-bagi-umat-islam

Muslimah, Wife & Midwife, interested in Maternal Child Health

Write A Comment

Butuh bantuan? Chat dengan kami