Spiritual & Mitos

Melindungi dari gangguan syetan, Haruskah bayi “di-senjata-i” ?

PinterestLinkedInTumblr

Bismillah bunda-bunda shalihah,

Disini kita belajar bersama ya, kami tidak ingin men-judge menunjuk-nunjuk kesalahan, tapi kita belajar bersama dan juga saling mengingatkan. 💕

Semoga Allah ridho jadikan keluarga dan anak-anak keturunan kita semuanya jadi anak shalih shalihah dan selamat dunia akhirat 💕

Melindungi dari gangguan syetan, Haruskah bayi “di-senjata-i” ?

Bunda Cabid, mungkin banyak beberapa daerah punya keyakinan memakaikan bayi ‘senjata’ seperti cermin, gunting, peniti ataupun bangle. Jaman sekarang banyak dijual gelang atau kalung yang berisi bangle yang ditujukan untuk melindungi bayi atau anak dari suatu hal.

Bolehkah?

Seorang muslim tidak boleh menggantungkan hatinya kepada selain Allah dalam mendatangkan manfaat atau menolak mudharat. Seorang mukmin wajib bertawakkal hanya kepada Allah saja.

“… Dan hanya kepada Allah saja hendaknya orang yang beriman bertawakkal.” (QS. Ibrahim: 11).

Membuka pintu kepercayaan kepada benda-benda tertentu akan menghilangkan rasa aman dari hati kaum mukminin. Karena ia senantiasa takut dan was-was terhadap berbagai benda yang telah diciptakan Allah dengan taqdir-Nya. Padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman dalam al-Qur’an:

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kesyirikan, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.” (QS.al An ‘am:82).

Jadi jelas ya, kita tak boleh menggunakan benda-benda tersebut dengan niatan mencegah keburukan. Benda-benda tersebut sama sekali tidak bisa memberi manfaat dan tidak dapat menolak bahaya. Pada hakekatnya yang memberikan manfaat dan menolak bahaya hanya Allah saja.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk melindungi anak kita dari gangguan setan?

Ada do’a yang biasa diucapkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta perlindungan untuk Hasan dan Husain, yaitu:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانِِ وَ هَامَّةِِ وَ مِنْ كُلِّ عَيْنِِ لامَّةِِ

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk.”(HR. Bukhari dalam kitab Ahaditsul Anbiya’: 3120)

Dihafalkan ya bunda. Selain itu rutinkan juga dzikir pagi petang di dekat si kecil. Agar kita bisa mendidik kebiasaan baik berdasarkan Sunnah kepada anak-anak kita tercinta.

▫ ▫ ◻

Mari saling mengingatkan dan mencintai karena Allah

Healthcare Pedia Indonesia, partner for your health and taqwa

Baca selengkapnya

  1. https://muslimah.or.id/42-menjaga-anak-dari-bahaya-ain.html
  2. www.fotodakwah.com/2018/09/hukum-memakai-gelang-sawan-dalam-islam.html

Menjaga Anak dari Bahaya ‘Ain

Founder of our lovely Healthcare Pedia Indonesia. A wife, a mom who loves to learn many things. Having an educational background in health nutrition studies.

Write A Comment

Butuh bantuan? Chat dengan kami